Senin, 21 Februari 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia di dunia ini dianugerahi rasa saling mengasihi dan mencintai oleh sang pencipta-NYA. Dengan mempunyai rasa saling mencitai dan mengasihi, maka seseorang tersebut dapat hidup dengan damai,bahagia,tenang di lingkungannya dan saling menyayangi antara sesamanya.

1. Pengertian cinta kasih

Cinta kasih adalah perasaan cinta dan saling mengasihi antara sesama yang dimiliki oleh manusia sejak ia dilahirkan di dunia ini sampai ia meniggalkan dunia ini. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  1. Perasaan terhadap keluarga.
  2. Perasaan terhadap teman-teman.
  3. Perasaan yang romantis.
  4. Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu.
  5. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  6. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  7. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Dra. Kartini Kartono dalam bukunya Psikologi Abnormal & Pathologi Seks mengemukakan bahwa wanita dan pria dapat disebut normal dan dewasa bila mampu mengadakan relasi seksual dalam bentuk normal dan bertanggung jawab, hubungan seks yang normal mengandung pengertian bahwa hubungan tersebut tidak menimbulkan efek dan konflik psikis bagi kedua belah pihak serta tidak bersifat paksaan. Sedangkan untuk yang bertanggung jawab adalah bahwa kedua belah pihak menyadari konsekuensinya dan bertanggung jawab terhadapnya. Misalnya, mau menikah dan memelihara anak yang menjadi hasil relasi seksual yang dilakukan.
Abnormalitas menurut Dra. Kartini dibagi dalam tiga golongan, yaitu:
  1. Dorongan Seksual yang abnormal
    • Pelacuran (prostitution) yang pada umumnya dilakukan wanita dalam melayani pria hidung belang karena dorongan ekonomi, kekecewaan dan seterusnya.
    • Perzinahan (adultery) merupakan relasi seksual yang dilakukan oleh pria atau wanita yang tidak sah secara agama dan hukum.
    • Perkosaan (rape) merupakan perbuatan cabul dengan cara kekerasaan atau paksaan.
    • Bujukan (seduction) merupakan bujukab atau rayuan untuk mengajak bersetubuh.
  2. Partner Seks yang abnormal
    • Homoseksualitas, terhadap sesama jenis.
    • zoofilia, terhadap hewan.
    • Pedofilia, Terhada anak di bawah umur.
    • Geronto-seksualitas, Pria terhadap wanita tua.
  3. Dalam pemuasan dorongan seksual
  • Voyeurism atau Peeping Tom, dilakukan seseorang yang mendapat kepuasan seks dengan melihat orang lain telanjang.
  • Transvestutisme, merupakan gejala pathologis yang memekai pakaian lawan jenis.
  • Transseksualisme, terjadi pada sesorang yang merasa dirinya memiliki seksualitas yang berlawanan dengan kenyataan.
2. Pengertian Kasih Sayang

Kata kasih dan sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput.
Yang dimaksud dengan kasih dan sayang di sini bukan sekadar hubungan cinta atau asmara antara seorang laiki-laki dan perempuan saja. Namun lebih bersifat universal. Sehingga hal ini bisa terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain. Dan yang perlu ditekankan adalah, bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. 

3. Pengertian Belas Kasih

Belas kasih adalah suatu sikap hati yang sangat mulia, adalah suatu manifestasi dari kecerdasan. Namun, dalam pengejarannya terhadap nama dan materi keuntungan yang berada di dunia, manusia seringkali tidak bisa menghayati dan memahami makna yan
Hati yang berbelas kasih bisa menghubungkan energi dan menginisiasi energi yang tanpa batas. Belas kasih itu sendiri merupakan suatu medan  energi yang sangat besar.
Seberapa besar kelapangan dada seseorang, seberapa besar pula energi yang bisa dia dapatkan. Jika seseorang selalu memiliki hati belas kasih, maka kelapangan dada yang dia miliki juga bisa berlimpah-limpah bagaikan alam semesta, dia akan memiliki energi teramat besar hingga mampu menaklukkan segala-galanya.

4. Wujud Cinta Kasih
Cinta dan kasih sayang dalam kehidupan sangat diperlukan untuk membentuk sebuah keharmonisan bermasyarakat. Wujud dari cinta maupun kasih sayang sendiri memiliki banyak cakupan. Cinta kasih terhadap Tuhan,keluarga,sahabat,maupun seseorang. Dalam kehidupan,sebenarnya Wujud dari cinta dan kasih sayang itu sendiri tidak dapat terlihat,namun dapat dirasakan. Seperti rasa peduli antar individu,keluarga,hingga masyarakat luas. Dalam mewujudkan cinta dan kasih sayang,bukan apa yang ditunjukkan yang menjadi faktor utama,melainkan bagaimana rasa itu ditujukan dari hati dan penuh rasa ikhlas. 

Sumber : http://id.wikipedia.org
                http://www.anneahira.com
                http://erabaru.net
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar